Minggu, 05 November 2017

TRIP NUSA PENIDA

hello travellers.

saya akan membagikan cerita saya berkunjung ke nusa penida bali..

nusa penida itu adalah pulang yang berada dibawah pulau bali. jarak tempuhnya sekitar 1 jam dengan speed boat. nah saya akan kasih tips dan trik ya..

1. LANDING NGURAH RAI BALI

tidur di bandara cgk, karna damri paling pagi jam 2, drpd ketinggalan lebih baik naik damri malem, dan tidur di bandara.

ini duduk deket jendela

pemandangan dari jendela

07.15 AM, kebetulan saya menaiki pesawat pagi dari jakarta di hari jumat yaitu pukul 04.30 by lion.
perlu diketahui maskapai ini memang punya sejuta cerita. yang saya kasih trip adalah kalian harus sudah web checkin, datang dua jam sebelum keberangkatan (lebih baik menunggu dari pada ketinggalan). ternyata pesawat menuju bali saat itu lumayan lancar, namun tidak semua seat penuh. kebetulan saya duduk dekat jendela dan agak depan.. sehingga suguhan pemandangannya sangat WAW!! saya bisa melihat gunnung semeru, nusa penida, sampai bali saat landing pun saya takjub (kelebihan web check in, kalian bisa puas memilih seat).

LANDING!! TANPA BAGASI, karena jika saya taruh di bagasi akan lama lagi, karena barang barang saya sudah lebih dulu ada yang bawa (jadi saya nyusul keluarga saya). NOTE : Jika kalian bawa koper besar, alangkah lebih baik kalian taro di bagasi.

FIRST TO DO, saya pesan grab.. walau ketika sampai saya melihat spanduk "dilarang menggunakan taksi online" namun saya berfikir bahwa itu taksi bukan mobil *ngeles*

ORDER DONE, saya berjalan menuju pintu depan.. dengan menenteng gadget saya, salah satu bapak taksi melihat handphone saya lalu berkata "De, Gaboleh pesen grab disini". DEGGGGGG WADAW saya gatau, setelah itu driver menelfon saya "mas ditunggu di keberangkatan aja ya" kata drivernya. akhirnya saya berputar arah melewati bapak taksi tersebut dan menuju keberangkatan.

KE PENIDA ITU NAIKNYA DARI SANUR.. PANTAI SANUR
Harga grab waktu itu 38 ribu menuju sanur dari bandara. melewati tol atas laut. worth it!
Saya : Mas memangnya tidak boleh ya pesen grab di bandara
Masnya : gaboleh mas, ini saja diam diam
Saya : emangnya kalo naik taksi berapa?
Masnya : bisa mahal mas, mas bisa ditarik 100-200rban

OK I KNOW THAT!!

diturunkanlah saya di dunkin donut sanur, karena biasanya tukang grab diturunin disana. lalu saya menunggu keluarga saya, dan ternyata kami bertemu.. lalu kami menyebrang sarapan KFC dulu..

setelah ok semua, kami putuskan untuk jalan menuju sanur, kami belum pernah beli tiket speedboat ini sebelumnya.

kalian tinggal balik lagi ke dunkin donut, lalu ke arah pantai sanur, masuk lewat gapura, lurus sampe mentok, belok kiri disebelah kiri persis ada tempat pembelian tiket dan halo-halo. harga yang ditetapkan yaitu 175rb sekali jalan jadi PP itu 350rb (Maret 2017) kebetulan kami memsan speed boat untuk pulangnya hari esok, ternyata bisa. pulang hari H juga bisa.

speed boat kami mulai jalan jam 10. namun speed boat terpagi itu jam 7-7.30. kalian bisa atur waktu kalian.
TIPS NAIK SPEED BOAT : JANGAN SEKALI KALI KALIAN BERANI DUDUK PALING DEPAN KARENA BAKAL TEROMBANG AMBING LEBIH TINGGI, USAHAKAN CARI YANG PALING BELAKANG.
JANGAN PAKE CELANA PANJANG KARENA NAIK SPEED BOATNYA KITA ITU BAKAL LEWATIN PANTAINYA, GAK ADA DRAMAGANYA.

ini speedboatnya, ini ada dramaga karena sudah sampai di penida

Sampe di penida sekitar jam 11.15 disambut dengan warna pantai yang INDAH BANGET FIX INDAH!!

lalu didepan dari drmaga ada tempat sewa motor, sewa motor disini harganya 75 ribu sehari, gak ada persyaratan (Jaminan KTP/SIM/NPWP), gak ada fasilitas helm bahkan jas hujan.

saya : "bli ini gak ada helmnya?"
bli : "gak ada polisi disini"

ok fine i just need for safety. tapi its ok.

kami putuskan untuk menginap di guest house, saya lupa gak menanyakan kontak bli yang punya guest house, namun keluar dari pelabuhan, ada jalan raya, kalian belok kiri dan kalian cari warung dan setelah warung ada tempat makan semacam BFC nah itu masuk saja, disewakan kamar 150rb/kamar. ini kamarnya

sangat rekomended.. sudah disana tak perlu takut kesasar, kalian punya maps dan koneksi internet disana aman.. SELAMAT MENIKMATI PENIDA..

FYI saya punya kontak travel yang pergi ke penida seharga 380rb. udah termasuk tiket speedboat pp, berangkat jam 6 pagi pulang jam 5 sore. ke 5 tempat tujuan.. pantai kelingking (tidak turun), pantai uug, pantai angel bilabong dan broken beach. sudah termasuk guide dan mobil disana. SANGAT RECOMENDED KALO KALIAN MAU SEHARI KE PENIDA PP. tinggal kontak saya saja, nanti saya kasih kontaknya.. apabila ada pertanyaan pun bisa ditanyakan ke saya. email/i massage : galangadii@gmail.com

berikut foto foto saya di pura goa giri dan pantai atuh.
pintu masuk pura goa giri, sebelum nanyak yang lumayan.. hmm

masuk kedalam goa sempit parah, namun... SUBHANALLAH, banyak yang saya pelajari disini